MERAWAT AIR KOLAM RENANG

0 477

 

TIPS MERAWAT AIR KOLAM RENANG BY ARKATAMA POOL

Ada bebrapa macam kolam renang, akan tetapi bila digolongkan lagi terbagi menjadi dua yaitu kolam renang umum (komersial) dan kolam renang pribadi. Kolam kolam tersebut ada yg di dalam ruangan dan di luar ruangan (kolam terbuka).
Disini akan saya bahas semua problem kolam renang tanpa banyak teori, tapi semua yang saya kupas adalah sesuai dengan fakta yang ada di lapangan saja.

perawatan kolam renang

Tingkat kesulitan dalam perawatan kolam renang, diurutkan dari yang termudah yaitu:
1. Kolam renang pribadi yang berada di dalam ruangan.
2. Kolam renang pribadi yang berada di luar ruangan.
3. Kolam renang umum (komersial) yang berada di dalam ruangan.
4. Kolam renang umum (komersial) yang berada di luar ruangan.

"Mengapa kita harus merawat air kolam renang kita...?"
"Apa penyebab kolam renang kita menjadi kotor.....?"
Baiklah mari kita bahas masalah tersebut diatas. Banyak orang beranggapan bahwa "merawat air kolam renang sangat gampang,tapi sebenernya tidaklah segampang yang orang fikirkan dalam merawat ait kolam renang di butuhkan keahlian khusus dalam bidangnya.

Beberapa penyebab air kolam renang menjadi kotor dan hijau, diantaranya sisa sisa detergen yang melekat pada baju perenang, keringat, minyak, rambut, liur, ingus, makanan , debu yang terbawa angin, matahari, air hujan, air baru yang belum ditreatment dan lain sebagainya. Dari beberapa penyebab diatas yang paling ribet  adalah orang makan didalam kolam renang dan memakai baju selain baju renang (levis dsb). Walaupun di setiap kolam renang sudah ada peraturan dipintu masuknya, bahkan beberapa kolam renang sampai menulis larangan tersebut dengan besar dan jelas. Tapi masih ada saja pemandangan orang makan didalam kolam renang umum terpampang di depan mata.
"Bagaimana cara merawat air kolam renang yang baik dan benar.....?"
Pengobatan air kolam renang secara tepat diperlukan untuk menjaga air kolam renang agar aman dan bersih untuk para perenang, dan pengobatan air kolam renang ini dapat menghemat waktu dan uang para pemilik kolam renang. Sebelumnya pastikan anda sudah memenuhi persyaratan dibawah ini,
~Filter dan pompa memenuhi syarat dengan volume kolam renang.
~Sistem pemipaannya memenuhi syarat.
~Memiliki peralatan pembersih kolam (vacum+selang, sikat kolam dll)
~Memilih chemical apa yang akan digunakan.
~Memiliki test kit pH cl
Macam Chemical Yang Sering Digunakan
~Kaporit 60% - 65% - 90%
~Soda Ash
~PAC
~Tawas
~Prusi
~HCL
Secara fisik kaporit ada 4 yaitu cair, serbuk, butiran dan padat (tablet & stik) dengan kadar yang berbeda beda dan berasal dari beberapa negara yaitu Indonesia, China, Belgia dan Amerika.
-KAPORIT 60% fungsinya untuk menambah kadar klorin dan pH, sedang yang 90% hanya menambah kadar klorinnya saja. Dapat memberantas dan mengontrol bakteri penyakit yang dibawa oleh manusia maupun yang terbawa oleh angin dan hujan.
-Soda Ash biasanya berbentuk serbuk dengan rasa agak asin (pernah ngincip sih). Fungsinya untuk menaikkan pH.
-PAC atau poly aluminium chlorine Biasanya berasal dari China dan Jepang berfungsi untuk mengendapkan.
-TAWAS sama fungsinya dengan PAC tapi masih lebih bagus PAC.
-TERUSI berfungsi untuk mencegah tumbuhnya lumut pada air (warna hijau pada air) dan memberi efek biru pada air.
-HCL berfungsi untuk menurunkan pH/CLORINE yang terlalu tinggi.
Jika kita sudah mahir dan benar benar paham karakter dari kimia di atas maka kita cukup menggunakan kaporit 65% dan 90% saja. Dengan catatan "Jangan Mencampur Kimia Kimia Tadi Dalam Satu Wadah Dalam Penyimpanan Dan Pemakaiannya".

Layanan Konsultasi Dan Jasa Kami
Hubungi
Widodo
Telpon / SMS
0813 8585 6070
Whast App
0813 8585 6070
Pin BB:
76C442C2

Category: Arkatama Pool, jasa perawatan kolam renang, jasa servis kolam renang, JUAL AIR KOLAM RENANG, Kontraktor Kolam Renang, Layanan Jasa, spesialist kolam renang, Uncategorized, water treatment kolam renangTags:
No Response

Leave a reply "MERAWAT AIR KOLAM RENANG"