INSTALASI KOLAM RENANG

0 1023

Artikel kali ini mengenal tentang jenis instalasi pada sebuah kolam renang,jenis instalasi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu sistem sirkulasi OVERFLOW dan sistem sirkulasi SKIMMER meski terkesan beda tetapi kedua sistem ini mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk membuang kotoran pada permukaan kolam renang yg sifatnya mengambang seperti kotoran debu,daun dan lain lain.

Sistem kerja dari sirkulasi OVERFLOW yaitu pompa menghisap air dalam penampungan balancing menuju ke filter untuk di saring supaya air dalam keadaan bersih,setelah itu air di keluarkan lagi ke kolam renang melalui lubang inlet selanjutnya air tumpah lagi ke gutter dan selanjutnya ke balancing dan seterusnya berputar seperti itu,biasanya pada umumnya bagi yang memiliki lahan lebih untuk membuat kolam renang,mereka menerapkan sistem overflow ini,selain tampilan yang lebih elegan tetapi juga melihat dari segi fungsi yang maksimal,karena permukaan kolam renang cenderung lebih bersih.

Sistem kerja dari sirkulasi SKIMMER ini tidak lagi membutuhkan bak penambungan balancing karena pompa langsung menghisap air dari kolam renang langsung menuju filter untuk penyaringan dan di keluarkan lagi ke kolam renang melalui lubang inlet dan seterusnya,sistem ini biasanya di beri lubang pembuangan otomatis di bagian dinding atas sesuai ukuran skimmer,untuk menghindari air kolam renang luber di waktu musim penghujan,dari segi penampilan pun kurang elegan di banding sistem overflow dan resiko air berkurang lebih banyak apabila kolam renang di gunakan bebarengan.

Untuk menunjang sistem sirkulasi ini di butukan beberapa element antara lain :

  • Pompa kolam renang yang berfungsi sebagai pompa transfer untuk sirkulasi perputaran air kolam renang
  • Filter kolam renang yang berfungsi sebagai alat penyaringan air yang telah di hisap oleh pompa sebelum di masukan lagi ke kolam renang,sehingga air kolam renang selalu dalam kondisi jernih.
  • Balancing tank,element yang satu ini di khususkan untuk sistem overflow yang berfungsi menyeimbangakan volume air,jika lagi musim penghujan luapan air bisa langsung masuk ke balancing,sedangkan kalau lagi musim kemarau air kolam berkurang akibat penguapan maka penampungan air yang ada di balancing bisa di masukan ke kolam renang.
  • Skimmer box alat ini juga di khususkan untuk kolam renang yang memakai sistem sirkulasi skimmer yang berfungsi sebagai titik hisap dari pompa sirkulasi.
  • Inlet yang berfungsi sebagai keluarnya air ke kolam renang setelah melalui penyaringan filter.
  • Maindrain element ini adanya di dasar kolam yang berfungsi untuk membantu aliran sirkulasi dan pembuangan air di waktu pengurasan total.

Selain dari peralatan tersebut,kolam renang juga membutuhkan chemical,seperti kaporit,trussi,soda as,pac,tawas dll,untuk fungsi dari chemical ini,akan kita bahas pada artikel berikutnya.

LAYANAN KONSULTASI 

HUBUNGI :

WIDODO

TLP / SMS :

0813 8585 6070

WHATS APP :

0813 8585 6070

 

Category: Arkatama Pool, jasa perawatan kolam renang, jasa servis kolam renang, JUAL AIR KOLAM RENANG, Kontraktor Kolam Renang, Layanan Jasa, spesialist kolam renang, Uncategorized, water treatment kolam renangTags:
No Response

Leave a reply "INSTALASI KOLAM RENANG"